Kenalkan Lagu Pancasila Rumah Kita: Intsiawati Sosialisasikan 4 Pilar di UIR

PEKANBARU, RanahRiau.com - Ratusan mahasiswa Universitas Islam Riau (UIR) menghadiri Sosialisasi 4 Pilar MPR RI Berbangsa dan Bernegara, yang digelar Anggota DPD/MPR RI asal Riau, Intsiawati Ayus SH MH, Jum'at (3/6/16).

Adapun pokok pembahasan dalam Sosialisasi tersebut, yakni penjabaran nilai-nilai dasar 4 Pilar diantaranya Pancasila, Undang-undang dasar 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Iin sapaan akrab Intsiawati Ayus, mengatakan sangat perlu untuk kembali mengingatkan kepada generasi muda, tentang pentingnya 4 Pilar dalam kehidupan sehari-hari.

"Masih ada rakyat Indonesia, yang beranggapan bahwa empat pilar hanya sekedar slogan-slogan saja. Sekedar suatu ungkapan indah, yang kurang atau tidak bermakna dalam menghadapi era globalisasi. Bahkan ada yang beranggapan bahwa empat pilar tersebut  sekedar sebagai jargon politik. Yang diperlukan adalah landasan riil dan konkrit yang dapat dimanfaatkan dalam persaingan menghadapi globalisasi," kata dia.

Sesi tanya jawab dalam Sosialisasi 4 Pilar tersebut tidak disia-siakan oleh Yunra, Mahasiswa baru, Fakultas Hukum UIR. Ia bertanya, kenapa lambang negara Indonesia adalah Burung Garuda dan posisinya memandang kesebelah kanan.

"Kan masih banyak binatang lainnya untuk dijadikan lambang Negara. Apa pertimbangannya sehingga memilih Burung Garuda," tanya dia.

Iin menjawab, jika dahulunya telah dilakukan sayembara oleh para pendiri Negara Indonesia. Dan hasil rancangan dari Sultan Hamid II lah yang dipilih, yakni Burung Garuda.

"Terhadap Posisi kepala yang menghadap sebelah kanan, mengartikan Burung Garuda melihat kearah yang baik. Karena sebelah kanan dinilai lebih baik daripada kiri," kata dia.

Pada kesempatan itu, Mahasiswa diperkenalkan dengan lagu 'Pancasila Rumah Kita' sembari dibekali buku materi Sosialisasi 4 Pilar MPR RI. (Nof)

http://ranahriau.com/berita-1601-intsiawati-sosialisasikan-4-pilar-di-uir.html#sthash.obDE4CNX.dpuf

More

Find Us On Facebook

Kontak Kami

Nama

Email *

Pesan *

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.